Headline Pemerintahan

Gubernur Olly Dondokambey Pastikan Warga Pulau Ruang Dapat Fasilitas Lengkap di Tempat Relokasi

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey didampingi Sekprov Steve Kepel bersama Forkopimda Sulut tatap muka dengan masyarakat Pulau Ruang dari Desa Laingpatehi dan Pumpente di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, Manado, Rabu (16/5/2024).

Pertemuan ini dalam rangka sosialisasi persiapan relokasi 301 kepala keluarga (KK) warga Pulau Ruang ke Desa Modisi, Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel).

Gubernur Olly kesempatan itu mengatakan selain rumah, warga Pulau Ruang di tempat relokasi akan diperlengkapi dengan sarana dan fasilitas penduduk.

Mulai dari balai warga 3 titik, sarana olahraga 2 titik, tempat ibadah 2 titik, sarana pendidikan 1 titik, sarana kesehatan (puskesmas/pustu) 2 unit, serta tambatan perahu. Selain itu, setiap keluarga mendapat lahan perkebunan seluas 1 haktare (ha).

“Permintaan saya ke Pak Presiden untuk relokasi disetujui. Pemerintah daerah akan memberi lahan dan disertifikatkan,” terangnya.

Gubernur Olly memastikan rumah yang akan dibangun dipersiapkan dengan perlengkapan.

“Kementrian Sosial akan persiapkan tempat tidur dan perlengkapan dapur,” tuturnya.

Ia menjelaskan, setiap kepala keluarga akan diberikan bantuan selama menunggu proses relokasi hingga pembangunan rumah.

“Dari BNPB uang cash bulanan Rp600 ribu. Nanti Pemprov Sulut tambah Rp500 ribu. Jadi setiap kepala keluarga terima Rp1.100.000,” ujarnya. (Riv)