Headline Humaniora

Bandara Sam Ratulangi Manado Ditutup Sementara Dampak Erupsi Gunung Ruang

MediaDaerah – Aktivitas penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado ditutup sementara akibat erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara pada Rabu (17/4/2024).

Penghentian sementara operasional bandara berdasarkan NOTAM (notice to airmen) A0998/24 NOTAMN dengan lokasi WAMM–MANADO/Sam Ratulangi yang dikeluarkan AirNav Indonesia pada Kamis (18/4/2024) pagi.

“Penutupan sementara bandara dilakukan sejak pukul 08.00 WITA sampai pukul 16.00 WITA,” ucap General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Maya Damayanti dalam keterangan kepada media.

Kata Maya, saat ini pihaknya bersama seluruh stakeholders terkait sedang melakukan monitoring untuk mengantisipasi apabila terjadinya perpanjangan penutupan bandara.

Adapun data sementara menunjukkam ada tiga penerbangan yang terdampak, yakni penerbangan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 607 rute Manado–Jakarta.

Kemudian penerbangan Citilink dengan nomor penerbangan QG 9306 rute Manado-Makassar, serta penerbangan Trans Nusa dengan nomor penerbangan 8B-272 rute Manado–Sorong.

Sekadar diketahui, aktivitas Gunung Ruang di Sitaro saat ini dalam status Level IV (AWAS). Masyarakat yang berada di radius 6km dari gunung pun diharapkan untuk mengevakuasi diri. (Alv)