Pentas

Buka Rakor Penguatan Kelembagaan, Lolly Suhenty Minta Publik untuk Tidak Segan Kritik Bawaslu

MINUT – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Kordiv Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Lolly Suhenty, meminta publik untuk tidak segan-segan mengkritik Bawaslu.

Itu disampaikannya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Kelembagaan Bawaslu Sulut Bersama Media Massa di The Sentra Hotel Manado, Minahasa Utara (Minut), Minggu (19/2/2023).

“Jika ditemui ada hal yang tidak menggambarkan tugas pokok dan fungsi sebagai Bawaslu, jangan sungkan untuk mengkritik atau menyampaikannya ke Bawaslu,” ungkapnya.

Ia mengaku merupakan salah satu orang yang selalu ingatkan jajaran Bawaslu terkait hal itu.
“Jikalau jadi penyelenggara pemilu, tak boleh baperan, tipis telinga. Harus punya kesigapan mendengar apa yang jadi aspirasi, kuatkan mental, dengarkan kritik dan kesigapan bertindak untuk memastikan kita berjalan sesuai regulasi. Jadi silakan kritik Bawaslu,” tuturnya.

Lolly mencontohkan kasus yang ramai menerpa KPU dalam hal verifikasi. Menurutnya, hal tak perlu terjadi ketika ruang komunikasi terbuka.

“Ruang komunikasi ini penting. Sebab kita tahu dalam undang-undang keterbukaan informasi ada hal yang dikecualikan. Tetapi sepanjang informasi itu milik publik, maka lembaga publik harus berikan informasi secara terbuka. Kegaduhan, keriuhan yang terjadi salah satunya dari informasi yang tak terkomunikasikan dengan baik,” tandasnya. (Riv)